Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us

New Articles

1 2 3 4 5
Photobucket Disini kalian dapat merequest Software, Game, Pembuatan gambar 3dimensi AUTOCAD dan ANIMASI 3DSMAX ataupun Share Solution of Computer

Jumat, 17 Desember 2010

Trik Menampilkan Screen Saver sebagai Desktop Backgrounder di Windows Vista / 7


ni trik iseng-iseng untuk anda yang mungkin merasa sedikit bosan dengan tampilan background pada layar desktop komputer anda, dimana tampilan background pada desktop komputer di OS Windows dan OS lainnya secara default hanya mendukung gambar statis, yaitu file berformat .BMP, .JPG, dan lain sebagainya.
Sementara di sisi lain, screen saver, yang fungsinya untuk menampilkan semacam animasi dinamis hanya bisa tampil sebagai penutup layar komputer bila kondisi komputer sedang dalam keadaan idle, atau bisa juga dieksekusi/dijalankan langsung dengan cara double click file screen saver tersebut (berformat .SCR), tapi bukan ditampilkan sebagai desktop background. Padahal kalau saja screen saver ini dijadikan sebagai background, rasa-rasanya desktop akan terlihat lebih menarik dan atraktif.
Pertanyaannya, bisakah screen saver dijadikan sebagai desktop background yang tampil sebagai latar desktop di belakang program lainnya? Jawabnya: bisa! (kek iklan aja :D), tapi dengan trik dan kode tertentu.
Sebagai catatan, trik ini hanya bisa dijalankan Windows versi terbaru yaitu di Windows Vista dan Windows 7 saja.
Cara Menampilkan Screen Saver sebagai Desktop Background

Intinya sebenarnya adalah menjalankan file screen saver melalui Command Prompt dengan menambahkan kode /p65552 setelah nama file screen saver tersebut. Jadi format perintahnya seperti ini:


LOKASI-FILE\NAMA-FILE-SCREEN-SAVER.scr /p65552




Biasanya, file-file screen saver lokasinya ada di subfolder system32 di folder Windows. Silahkan buka subfolder System32 dengan aplikasi Windows Explorer untuk melihat file-file screen saver (berekstensi .scr) yang ada di folder tersebut.
Contoh:
Kita ingin menampilkan sebuah screen saver Ribbons.scr yang ada folder C:\Windows\System32 sebagai Desktop Background, begini tahapannya:
  1. Buka Command Prompt. Caranya klik tombol Start Menu -> All Programs -> Accessories -> Command Prompt (cara cepatnya: tekan tombol Win yang bergambar logo Windows di keyboard, ketik cmd, lalu tekan Enter).
  2. Di Command Prompt, ketik: C:\Windows\system32\ribbons.scr /p65552 lalu tekan Enter.
  3. Tadaa… tampillah screen saver ribbons.scr sebagai desktop background :)

Khusus Di Windows 7, setelah perintah di atas dijalankan, screen saver tidak langsung muncul, melainkan harus klik lagi terlebih dulu icon screen saver yang muncul di Taskbar. Setelah scren saver muncul, tekan tombol Win di keyboard.
Lalu, bagaimana cara menonaktifkan a.k.a mematikannya? Screen saver sebagai desktop background jadi-jadian ini hanya bisa dimatikan melalui jendela Task Manager. Caranya klik kanan Taskbar -> klik Task Manager -> klik tab Applications atau tab Processes -> klik Ribbons.scr -> klik End Task atau End Process ->.
Buat File Batch

Biar lain kali bisa lebih cepat menampilkan screen saver sebagai background, buatlah file batch (file berekstensi .BAT) dengan aplikasi Notepad.
Caranya, ketik perintah seperti tersebut di atas di Notepad, misalnya:C:\Windows\System32\Ribbons.scr /p65552 tadi, lalu save sebagai file bernama Ribbons.bat, terserah mau disimpan dimana file bat itu. Untuk screen saver lainnya, misalnya Aurora.scr, buat lagi file Aurora.bat seperti tadi. Jadi, satu file .bat untuk setiap screen saver. Untuk menjalankannya tinggal double klik saja.
Hiburan ringan :)
.

Related Post



0 komentar: