Secara default dan otomatis, WINDOWS akan membuat resensi atas file/dokumen yang pernah kita buka dengan jumlah maksimal dan urutan (prioritas) tertentu. Biasanya Windows akan menampilkan maksimal 15 (lima belas) resensi dan biasanya dengan prioritas FIFO (First In First Out), artinya file/dokumen yang lebih dahulu dibuka akan dihapus dari resensi lebih dahulu. Untuk melihat/menampilkan history dapat dilakukan dengan mengklik Start > My Recent Documents. Di situ, kita dapat melihat semua file (maks 15 file) yang baru kita dibuka dengan “prioritas” FIFO. Dengan adanya history ini memudahkan kita jika ingin membuka file/dokumen yang pernah kita buka sebelumnya tanpa harus lagi mencari folder tempat menyimpannya.
Namun ada kalanya karena alasan tertentu, kita ingin agar orang lain tidak bisa mengetahui file/dokumen apa saja yang baru saja kita buka. Oleh karena itu, kita harus mengosongkan daftar history pada my recent documents. Cara mengosongkannya bisa dilakukan dengan cara manual, seperti berikut ini, pertama, dengan mendeletnya satu persatu yaitu dengan mengklik Start > My Recent Documents > klik kanan yang mau dihapus kemudian klik delete seperti gambar di bawah ini.
Atau dengan cara kedua ini, yaitu klik kanan pada taskbar kemudian pilih properties hingga muncul “jendela” Taskbar and Start Menu Properties dan pilih tab Start Menu seperti di bawah ini.
Selanjutnya klik Customize hingga muncul “jendela” Customize Start Menu terus pilih tab Advanced seperti di bawah ini.
Kemudian klik Clear List kemudian klik OK terus OK lagi. Coba sekarang kita perhatikan pada My Recent Documents sudah kosong (empty).Menghapus history secara manual seperti kedua cara di atas kurang praktis. Bagaimana seandainya kita lupa untuk melakukannya, maka mungkin saja orang lain akan mengetahui file/dokumen yang telah kita buka sebelumnya di mana orang lain seharusnya tidak boleh mengetahuinya.
Pada tips dan trik komputer kali ini, dengan mengotak-atik group policy editor, kita dapat membuat otomasi agar history tetap kosong (empty).
Langkah-langkahnya sebagai berikut : Klik Start > Run > kemudian ketik gpedit.msc kemudian klik OK atau ENTER hingga muncul “jendela” Group Policy Editor seperti gambar di bawah ini.
Kemudian Klik User Configuration > Administrative Templates > Start Menu and Taskbar seperti nampak pada gambar di bawah ini.
Kemudian pada sisi sebelah kanan, temukan dan klik double Do not keep history of recently opened documents kemudian pilih enabled dari opsi yang ada seperti gambar di bawah ini.
Selanjutnya klik Apply atau OK dan tutup Group Policy Editor. Kemudian pada sisi sebelah kanan, temukan dan klik double Do not keep history of recently opened documents kemudian pilih enabled dari opsi yang ada seperti gambar di bawah ini.
Sekarang kita coba membuka beberapa file/dokumen kemudian cek pada My Recent Documents maka tidak ada perubahan (tetap kosong/empty) pada historynya.
Selamat Mencoba
Yang tertarik silakan download di sini aja!!